Cara Diet Cepat: Turunkan Berat Badan Dengan Cepat dan Sehat

Saat kita berbicara mengenai cara diet untuk menurunkan berat badan, pada umumnya  banyak tips-tips diet yang memberikan hasil dalam waktu yang sangat lama. Beberapa diantara kita terkadang tidak sabar untuk segera menurunkan berat badan.

Terlebih, jika kamu membutuhkan cara diet cepat yang dapat menghilangkan lemak perut dan menurunkan berat badan dalam waktu beberapa minggu. Tentu kamu membutuhkan tips khusus.

Berikut adalah beberapa tips cara diet cepat untuk menurunkan berat badan dan melangsingkan tubuh dalam waktu singkat yang bisa kamu buktikan sendiri.

1. Kurangi karbohidrat

Sudah bukan rahasia lagi apabila orang Indonesia menjadikan nasi sebagai makanan pokok. Namun sayangnya, nasi seringkali dikonsumsi tanpa mengenal waktu. Kebanyakan diantara kita mengkonsumsi nasi pada saat sarapan, makan siang, dan bahkan pada saat makan malam.

Padahal, nasi adalah sumber karbohidrat sederhana yang sebagian besarnya hanya dibutuhkan untuk memberikan kita tenaga.

Jadi pada saat kita tidak membutuhkan banyak tenaga, terutama ketika aktifitas kita menurun seperti di malam hari, kita tidak membutuhkan karbohidrat dalam jumlah yang banyak.

Logikanya, jika kita menghindari karbohidrat sederhana di malam hari atau setidaknya mengurangi jumlah nasi pada saat sarapan, pada saat makan siang, dan pada saat makan malam, otomatis berat badan kita akan turun dengan cepat.

Namun kamu juga harus tahu bahwa karbohidrat tidak hanya berasal dari nasi, namun juga berasal dari beberapa makanan lain.

Karbohidrat dibagi menjadi dua yaitu, karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Karbohidrat sederhana pada umumnya hanya bermanfaat sebagai sumber energi.

Sedangkan karbohidrat kompleks biasanya mengandung berbagai vitamin dan nutrisi lainnya. Berikut adalah sumber karbohidrat tersebut.

Karbohidrat sederhana:

  • Nasi putih
  • Roti putih
  • Mie
  • Gula
  • Pasta

Karbohidrat kompleks:

  • Gandum
  • Kentang
  • Beras merah
  • Ubi jalar
  • Jagung
  • Kacang-Kacangan
  • Apel
  • Brokoli

2. Hindari kalori cair

Kita seringkali menganggap kalori yang berbahaya hanya berasal dari makanan seperti nasi, roti, atau pasta.

Padahal, kalori juga bisa berasal dari berbagai jenis minuman terutama minuman yang banyak mengandung gula seperti minuman berenergi, minuman bersoda, kopi yang kita konsumsi atau teh, dan bahkan jus buah segar yang diberikan gula juga mengandung banyak kalori.

Idealnya agar berat badan cepat turun, konsumsilah jus buah tanpa tambahan gula, gunakan sedikit gula untuk kopi dan minuman lainnya, serta hindari mengkonsumsi minuman minuman ringan.

3. Hindari garam

Garam atau makanan-makanan yang asin (mengandung garam) berfungsi untuk membantu menahan air di dalam tubuh kita. Jadi apabila kita sering mengkonsumsi makanan asin atau garam terlalu banyak, kemungkinan besar tubuh kita akan mudah melar karena air yang tidak terbuang.

Jadi, usahakan untuk tidak terlalu banyak memakan makanan asin. Namun jangan dihindari sama sekali karena dapat menyebabkan gangguan kelenjar gondok (hipotiroidisme).

4. Makan makanan pedas

Makanan pedas memiliki efek positif terhadap penurunan berat badan dalam waktu singkat.

Makanan pedas akan dianggap sebagai benda asing oleh tubuh kita sehingga akan diperlakukan dengan cara yang tidak biasa yaitu, tubuh akan meningkatkan metabolisme dan akan memanaskan diri.

Itulah sebabnya mengapa kita sering berkeringat setelah mengkonsumsi makanan pedas seperti seseorang yang baru saja habis berlari beberapa kilometer.

5. Jalan-jalan sore

Sepulang dari tempat kerja, setiap hari setidaknya 30 menit, luangkan waktu untuk jalan-jalan. Jalan kaki dapat membantu membakar kalori (lemak) dengan cepat selain bisa dimanfaatkan untuk melawan stress.

Dengan rendahnya tingkat stres di dalam hidupmu, maka kamu pun memiliki kesempatan untuk hidup dengan sehat dan normal tanpa makan secara berlebihan. Karena orang stress atau yang berada di bawah tekanan sering makan tanpa kontrol.

6. Perhatikan jam makan

Kamu juga harus memperhatikan jam makan. Pada saat sarapan, jangan lewatkan sarapan. Begitu juga dengan makan siang dan makan malam.

Sebisa mungkin makanlah tepat waktu dan jangan menundanya. Karena menunda waktu makan hingga kamu kelaparan akan menyebabkan kamu makan secara berlebihan setelahnya.

7. Latihan setidaknya 20 menit setiap hari

Selain dengan jalan kaki, latihan berupa kardio atau joging bisa membantumu menurunkan berat badan dengan cepat. Karena latihan sederhana tersebut dapat membantu membakar setidaknya 700 kalori per hari.

8. Terapkan cara olahraga paling efektif

Berolahraga untuk meningkatkan kecepatan penurunan berat badan sebaiknya juga dilakukan dengan cara yang efektif. Berikut adalah tipsnya.

  • Gunakan hoodie

Dengan menggunakan pakaian yang dapat menyerap keringat dan pakaian yang tertutup seperti hoodie akan membuat tubuhmu berkeringat lebih banyak karena lebih panas.

  • Latihan dibawah sinar matahari

Sinar matahari pagi selain bermanfaat bagi tubuh karena bisa diserap dalam bentuk vitamin D. Dan juga bermanfaat untuk membuat tubuh kita lebih mudah panas sehingga lebih banyak membakar kalori dan lebih banyak mengeluarkan keringat.

Jadi, jangan ragu untuk berolahraga di bawah sinar matahari dibawah jam 10.00. Hindari berolahraga di bawah sinar matahari antara jam 10.00 hingga jam 02.00 siang karena waktu tersebut adalah waktu dimana matahari sangat berbahaya dan dapat menyebabkan penyakit kanker kulit.

  • Sprint

Dibandingkan dengan jogging atau jalan kaki, melakukan sprint akan membuat tubuh kita mengalami metabolisme lebih cepat sehingga dapat membakar lemak lebih baik.

  • Senam

Senam adalah salah satu jenis latihan yang melibatkan hampir seluruh anggota tubuh kita mulai dari ujung kaki hingga ujung kepala. Cara ini dianggap lebih efektif dan lebih baik dibandingkan dengan hanya memprioritaskan satu bagian olahraga seperti sit-up atau push-up saja.

  • Jaga kesehatan usus

Cara menurunkan berat badan yang cepat lainnya adalah dengan menjaga kesehatan usus. Caranya, bisa dengan mengkonsumsi probiotik.

Sebaiknya secara rutin konsumsilah sumber probiotik seperti yogurt untuk melancarkan pencernaan. Dan juga, jangan lupakan protein.

Setiap hari setidaknya kamu harus mengkonsumsi protein yang bersumber dari telur, kacang-kacangan, dan daging.

loading...

No Responses

Reply