Kalkulator Berat Badan: Cara Menghitung Berat Badan Ideal (BMI)

Kalkulator berat badan, cara menghitung berat badan ideal (BMI) pria dan wanita. Apakah berat badanmu sudah ideal? Mungkin banyak diantara kamu yang tidak tahu berapa berat idealmu saat ini.

Sehingga kamu tidak tahu apakah kamu kekurangan berat badan, berada dalam berat badan ideal atau sebaliknya, kelebihan berat badan.

Jika ingin menaikkan berat badan, atau sebaliknya menurunkan berat badan, berapa kilo kah yang harus kamu turunkan? Kamu tentu saja tidak boleh menebak-nebak. Karena ada cara menghitung berat badan ideal yang dihitung berdasarkan tinggi badan.

Kalkulator berat badan

Your BMI is

Powered by BMI Calculator


Formula penghitungan berat badan ideal (BMI)

Metode yang paling umum untuk mengukur berat badan ideal seseorang adalah dengan menggunakan indeks massa tubuh atau Body Mass Index yang disingkat dengan BMI.

Cara ini menentukan berat badan ideal seseorang dengan cara mengukur hubungan antara berat badan dan tinggi badan.

Namun, terkadang menghitung berat badan ideal dengan metode BMI seringkali tidak tepat mengingat tidak ada penghitungan persentase lemak, atau penghitungan secara eksplisit mengenai otot di tubuh kita.

Karena beberapa orang ada yang cenderung untuk melakukan latihan intensif hingga memiliki otot yang besar yang menyebabkan mereka memiliki berat badan yang sangat tinggi.

Jika dihitung dengan metode tradisional tersebut, seringkali hasilnya adalah, mereka kelebihan berat badan. Walaupun sebenarnya lemak di tubuh mereka hampir tidak ada atau sangat sedikit sekali.

Meski demikian, kalculator berat badan yang sudah ada sejak tahun 1972 ini bisa dimanfaatkan untuk memberikan gambaran ideal berat badan seseorang. Meskipun persamaannya hingga saat ini belum memiliki dasar ilmiah.

Namun kalkulator tersebut secara luas digunakan di dunia medis terutama dunia pengobatan, termasuk dalam pemberian dosis obat, pengaturan ventilator mekanik, serta penilaian kebutuhan gizi dan pengukuran fungsi ginjal.

Rumus menghitung berat badan ideal

Berat badan (kg) : Tinggi badan x tinggi badan : 2.8 = berat badan ideal
Contoh 50 kg : 70 x 70 : 2.8 = 17.86 (BMI)

Klasifikasi indeks massa tubuh

Untuk mengetahui apakah kamu berada pada berat badan ideal setelah melakukan penghitungan, atau terlalu kurus, atau terlalu gemuk alias obesitas, kamu bisa melihatnya pada kategori di bawah ini.

  • BMI < 18 dianggap terlalu kurus dan dianjurkan untuk menambah berat badan.
  • BMI 18-25 adalah berat badan ideal atau normal.
  • BMI 25-27 dianggap sebagai kegemukan atau over weight.
  • BMI > 27 masuk dalam kategori obesitas atau kegemukan.

Tips untuk menaikkan dan menurunkan berat badan

Jika berat badan kamu ideal  yang perlu kamu lakukan hanyalah mempertahankan berat badan ideal tersebut.

Mempertahankan dan menurunkan berat badan bisa dilakukan dengan beberapa cara diantaranya adalah:

1. Tidak makan berlebihan

Cara paling mudah untuk menjaga berat badan adalah dengan menghindari makan secara berlebihan, entah itu makanan yang banyak mengandung karbohidrat atau makanan berlemak.

Sediakan selalu timbangan di rumahmu untuk mengetahui setiap hari apakah berat badan naik atau turun. Jika berat badanmu naik, maka cobalah untuk mengurangi jumlah makan di keesokan harinya. Begitu juga sebaliknya, jika berat badanmu turun, kamu hanya perlu menambah beberapa kalori untuk di makan agar berat badan naik.

2. Membiasakan diri berolahraga

Cara lain menjaga agar berat badan selalu dalam keadaan ideal adalah dengan rajin berolahraga. Olahraga setidaknya 5 jam dalam seminggu dapat memberikan keuntungan untuk membakar sejumlah kalori dan lemak di tubuh.

Beberapa jenis olahraga ideal untuk menjaga berat badan diantaranya adalah, jalan kaki, jogging, angkat beban, berenang, atau senam.

3. Menghindari terlalu banyak kalori

Terkadang, tanpa sadar kita mengkonsumsi terlalu banyak kalori yang ujung-ujungnya menyebabkan lemak di tubuh kita bertambah.

Beberapa sumber kalori yang perlu diperhatikan diantaranya adalah gula. Gula yang biasa kita gunakan untuk dicampurkan kedalam masakan, dicampurkan ke dalam minuman seperti kopi dan teh, atau dicampurkan dengan berbagai jenis makanan lain (kue) adalah sumber kalori yang sangat berbahaya.

4. Menghindari makanan berlemak

Tidak semua makanan berlemak harus dihindari. Namun, yang jelas, makanan dengan lemak jenuh atau lemak jahat adalah yang wajib untuk dihindari.

Beberapa sumber lemak jenuh diantaranya adalah, daging berlemak, kulit ayam, susu berlemak, dan lain-lain.

Semua itu sebaiknya dihindari atau dikurangi. Sebaliknya, lemak baik atau lemak tak jenuh seperti asam lemak omega-3 dianjurkan untuk dikonsumsi.

Beberapa sumber lemak baik diantaranya adalah ikan terutama ikan sarden, ikan tuna, ikan salmon dan sumber-sumber lain bisa didapatkan dari buah alpukat.

5. Mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan

Apabila kamu makan tidak terlalu banyak dan suatu saat mungkin saja bisa kelaparan, kamu sebaiknya menghindari makanan-makanan manis seperti kue, roti putih atau cobalah untuk selalu menghindari keripik yang dikemas.

Sebaliknya, jika kamu merasa lapar cobalah mengkonsumsi sejumlah buah-buahan segar seperti pepaya, pisang, buah jeruk atau sayur-sayuran.

Selain bermanfaat untuk menjaga agar berat badan ideal, cara ini juga efektif untuk menurunkan berat badan.

Cara menaikkan berat badan

Bagi kamu yang terlalu kurus atau berat badanmu masih di bawah indeks BMI ideal, ada baiknya kamu mulai menambah jumlah asupan karbohidrat yang berasal dari kentang, beras merah, brokoli, wortel, dan kacang-kacangan.

Sebisa mungkin, hindari menaikkan berat badan dengan cara tidak sehat seperti mengkonsumsi terlalu banyak gula, mengkonsumsi minuman ringan bersoda, atau mengkonsumsi terlalu banyak karbohidrat sederhana.

No Responses

Reply