Apa Saja Manfaat Kopi untuk Diet Menurunkan Berat Badan?

Manfaat kopi untuk diet menurunkan berat badan. Tahukah kamu bawa kopi hitam yang selama ini menjadi minuman favorite banyak orang merupakan salah satu minuman berkualitas yang dapat membantu menurunkan berat badan?

Mengejutkan bukan? Minuman yang kaya kafein ini diketahui memiliki berbagai manfaat kesehatan diantaranya adalah, dapat mencegah kanker, bisa membantu mengatasi depresi ringan dan sakit kepala, serta meningkatkan metabolisme tubuh kita.

Sekitar 80% dari populasi di dunia ini mengkonsumsi kopi setiap harinya. Akan tetapi tidak banyak orang tahu bahwa kopi bisa dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan.

Manfaat kopi hitam untuk menurunkan berat badan

Lalu apa rahasianya? Mengapa kopi hitam bisa membantu kita menurunkan berat badan?

1. Kopi mengandung asam klorogenat yang berfungsi sebagai antioksidan

Terdapat senyawa di dalam kopi hitam yang disebut asam klorogenat yang memainkan peranan penting dalam menurunkan berat badan.

Pada saat kita mengkonsumsi kopi hitam, terutama setelah makan, asam cholrgenic akan membantu memperlambat produksi glukosa di dalam darah.

Dengan begitu, produksi sel-sel lemak yang baru akan berkurang. Itu artinya bahwa, dengan kopi kita bisa mempertahankan berat badan ideal atau sebaliknya, menurunkan berat badan.

Asam klorogenik hanya bisa didapatkan apabila seseorang minum kopi hitam yang kaya akan kafein.

Jadi, apabila kamu menambahkan susu atau krim kedalam kopi, akan menyebabkan kopi tersebut memiliki manfaat untuk kesehatan yang lebih baik. Akan tetapi, manfaat untuk menurunkan berat badan akan berkurang.

Begitu juga dengan penambahan gula, ada baiknya kamu tidak menambahkan gula terlalu banyak.

Terlepas dari adanya asam klorogenik yang terdapat di dalam kopi hitam, terdapat juga antioksidan, yaitu senyawa yang sangat penting yang dapat membantu menurunkan berat badan.

2. Membantu mengatasi rasa lapar

Kafein yang terkandung di dalam kopi hitam dapat merangsang aktivitas metabolisme dan meningkatkan energi yang pada gilirannya akan menekan rasa lapar.

Secangkir kopi hitam mengandung setidaknya 5,4 kalori. Dan seringkali wedang kopi juga dianggap sebagai minuman yang bebas kalori.

Akan tetapi, apabila ditambahkan dengan krim atau gula, maka kopi ini akan memiliki tingkat kalori yang cukup tinggi. Jadi sebisa mungkin hindarilah penggunaan gula terlalu banyak.

3. Merangsang metabolisme

Menurut para ahli kesehatan, saat kita minum kopi, perubahan akan terjadi pada tingkat kalori kita sehari-hari.

Kopi hitam akan mengakibatkan rangsangan aktivitas metabolisme di dalam tubuh, membuatnya menjadi lebih aktif untuk membakar lebih banyak kalori.

Dengan demikian, sejumlah kalori yang ada pada tubuh kita akan lebih mudah dibakar apabila kita awali hari dengan mengkonsumsi secangkir kopi.

Selain itu, mengkonsumsi kopi sebelum berolahraga juga akan membantu kita mempercepat metabolisme yang akan membuat pembakaran lemak semakin mudah.

4. Mengurangi kadar air di dalam tubuh

Bagi orang yang suka makanan-makanan asin, biasanya kesulitan membuang air dari tubuh mereka karena minuman atau makanan asin biasanya menyebabkan air terikat di dalam tubuh.

Bagi kamu yang ingin mengeluarkan air dalam jumlah banyak, minum kopi adalah salah satu solusinya.

Kopi bisa dijadikan sebagai diuretik untuk mengeluarkan cairan melalui urine. Dengan cara ini, kamu akan mengurangi bobot sekian kilogram tanpa olahraga.

Peringatan

Apapun itu, entah itu makanan sehat atau yang lainnya, khususnya kopi, apabila dikonsumsi secara berlebihan tentu saja akan memberikan efek tertentu seperti hipertensi.

Jadi, untuk bisa memaksimalkan manfaat kopi untuk diet, ada baiknya kamu minum tidak lebih dari dua cangkir perhari.

Reply