Tips Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan Caesar dan Normal

Tips cara mengecilkan perut setelah melahirkan caesar dan normal. Setelah mengandung selama 9 bulan dan menjalani persalinan, baik secara normal maupun caesar tubuh akan melemah secara signifikan.

Dibutuhkan waktu beberapa bulan bagi seorang ibu untuk mendapatkan kembali kekuatannya dan semua ini sambil menyusui bayi yang baru lahir.

Sebelum melakukan program cara mengecilkan perut dan menurunkan berat badan setelah melahirkan, ada baiknya kamu berkonsultasi dengan dokter.

Bagaimana cara mengecilkan perut setelah melahirkan normal maupun caesar, yang paling mudah dan paling cepat? Berikut tips cara menurunkan berat badan dan mengecilkan perut pasca melahirkan.

1. Menyusui

Memberikan bayi ASI sebagai makanan utama sejak mereka dilahirkan hingga setidaknya bayi berusia 2 tahun adalah yang paling ideal.

Jika kamu tidak bisa tinggal di rumah untuk memberikan bayi ASI secara eksklusif, karena harus bekerja, maka yang harus kamu lakukan adalah memompa susu (ASI) dan menyimpannya di botol susu yang diletakkan di dalam kulkas.

Memberikan ASI melalui proses menyusui kepada bayi bisa membantu membakar sekitar 500 kalori per hari. Jadi, jangan ragu untuk memberikan ASI kepada bayi. Selain itu, ASI juga akan bermanfaat bagi tumbuh kembang dan untuk kecerdasan mereka.

2. Atur pola makan

Mulailah lebih selektif dengan memilih sayuran yang dapat meningkatkan jumlah ASI, sebaliknya cobalah mengurangi makanan yang bisa menyebabkan lemak bertambah di tubuhmu seperti makanan-makanan yang menjadi sumber karbohidrat seperti nasi.

Gantilah nasi dengan kacang-kacangan atau biji-bijian lain berupa beras merah atau kentang.

Pada saat menyusui, kamu akan merasakan sangat mudah lapar karena banyak makanan yang kamu konsumsi akan diubah oleh tubuh menjadi ASI.

Agar kamu tidak sering kelaparan walaupun makan sedikit, ada baiknya kamu makan cemilan. Namun ingat, selalu memilih makanan yang benar-benar bisa memberikan nilai gizi, mineral dan tidak banyak mengandung karbohidrat.

Beberapa pilihan cemilan sehat diantaranya adalah buah-buahan, telur rebus, kacang-kacangan dan biji-bijian seperti biji bunga matahari.

3. Diet rendah lemak

Makanan makanan berlemak yang mengandung lemak trans atau lemak jenuh harus segera dikurangi atau disingkirkan sama sekali. Beberapa sumber makanan berlemak diantaranya adalah: daging berlemak, kulit ayam, goreng-gorengan, dan susu berlemak.

Jadi, mulailah memilih makanan yang sehat seperti daging tanpa lemak, daging ayam tanpa kulit, hindarilah goreng-gorengan, dan perbanyak makanan yang direbus, selain itu, pilihlah susu tanpa lemak jika kamu harus minum susu setelah melahirkan.

4. Perbanyak makan sayuran

Sayur, terutama sayuran berdaun hijau dapat memenuhi kebutuhan serat, vitamin dan mineral kita setiap hari. Serat dapat membantu memperlancar pencernaan sehingga tidak akan banyak kotoran yang tersisa di dalam usus pada saat BAB.

Dengan BAB yang lancar, maka tubuh akan lebih cepat langsing dan berat badan akan lebih cepat turun.

Hampir semua jenis sayuran dianjurkan untuk dikonsumsi, mulai dari kubis, kembang kol, brokoli, bayam, daun katuk, dan lain-lain.

5. Kurangi karbohidrat sederhana dan pilihlah buah-buahan

Jika kamu sangat suka ngemil makanan yang menjadi sumber karbohidrat sederhana seperti roti putih, kue atau cookies, kemudian keripik kentang, atau keripik singkong, sudah waktunya kamu meninggalkannya dan beralihlah ke makanan yang lebih sehat seperti buah pisang, buah apel, buah strawberry, atau buah jeruk.

6. Jalan kaki

Jalan kaki adalah cara paling mudah merampingkan perut setelah melahirkan. Cara ini selain aman, murah, dan hanya perlu dilakukan setidaknya 30 menit sehari, akan membantu kita membakar sejumlah kalori dan lemak dalam waktu cepat.

Terlebih, jika kamu secara rutin berjalan kaki di bawah terik sinar matahari di bawah jam 10.00.

Berjalan kaki di bawah terik sinar matahari akan membuat metabolisme di dalam tubuhmu meningkat sehingga lemak akan lebih mudah terbakar.

Selain itu, tentu saja sinar matahari juga akan memberikan banyak keuntungan lain seperti vitamin D, membuat mood menjadi lebih baik, dan melancarkan peredaran darah.

7. Sit-up

Jika kamu sudah merasa sedikit lebih baik atau pulih dari persalinan, ada baiknya kamu mulai berlatih mengecilkan perut dengan olahraga pilihan seperti sit-up. Olahraga sederhana ini adalah cara lain yang efektif melangsingkan perut setelah melahirkan.

Cara melakukan sit-up setelah melahirkan, pertama, berbaringlah terlentang kemudian tempatkan kedua tangan di depan dada, lalu tarif kakimu mendekati tubuh agar lutut menekuk sehingga efek yang diberikan saat kamu melakukan sit-up dapat mengecilkan perut bagian atas dan bagian bawah.

Lakukanlah sit-up dengan hitungan 8 kali setiap set. Lakukanlah setidaknya 5 set dalam sehari. Namun ingat, diawal-awal, ada baiknya kamu membiasakan diri terlebih dahulu dengan melakukan setidaknya seperempatnya atau setengah dari hitungan tersebut.

8. Senam untuk mengecilkan perut setelah melahirkan

Setiap aktivitas yang kita lakukan akan membuat tubuh kita membakar sejumlah kalori. Terlebih, jika kamu sengaja melakukan olahraga seperti senam. Senam aerobik misalnya, dianggap sebagai salah satu cara untuk mengecilkan perut setelah melahirkan yang efektif dan menyenangkan.

Senam melibatkan seluruh bagian dari tubuh kita dan akan mengencangkan otot serta kulit mulai dari betis, paha, pinggang, perut, punggung, dan lengan.

loading...

Reply