Tips Cara Mengecilkan Perut Secara Alami Dengan Cepat

Tips Cara Mengecilkan Perut Secara Alami – Tahukah Anda bahwa penumpukan lemak di perut yang menyebabkan perut buncit, bisa membahayakan kesehatan Anda?

Ya perut buncit kalau tidak segera di atasi bisa menjadi penyebab timbulnya masalah kesehatan yang serius seperti diabetes tipe 2, peningkatan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah, serta tekanan darah tinggi yang menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

Dalam ulasan kali ini akan di bahas bagaimana cara mengecilkan perut buncit secara alami dengan minuman dari bahan tradisional di kombinasikan dengan olahraga khusus yang efektif untuk mengecilkan perut. Simak ulasannya berikut ini yak ūüôā

Penyebab Perut Buncit

Banyak faktor yang jadi penyebab terjadinya  perut buncit seperti makan berlebihan, kurangnya olahraga, dan gaya hidup yang kurang sehat. Berikut penyebab umum masalah perut buncit.

  • Stres

Menurut penelitian, perut buncit bisa disebabkan karena stres, kenapa? Karena ketika mengalami stres, tubuh kita akan melepaskan hormon kortisol, hormon ini dapat merangsang penumpukan lemak di sekitar perut. Ketika Anda stres, Hormon ini menjadikan Anda mudah lapar dan cenderung makan lebih banyak.

  • Genetik

Ada 2 tipe bentuk tubuh, yaitu bentuk apel dan pir. Tubuh berbentuk buah pir, penumpukan lemak terjadi di bagian bawah tubuh. Sementara tubuh bentuk apel, penumpukan lemak terjadi pada bagian tengah dan perut.

Kebanyakan orang memiliki tubuh berbentuk apel. Jika salah satu orang tua Anda memiliki tipe tubuh seperti itu, maka Anda berada pada risiko yang lebih tinggi mengembangkan lemak di perut.

  • Metabolisme

Tingkat metabolisme adalah faktor utama penyebab lemak di perut. Metabolisme yang lambat menyebabkan pembakaran kalori jadi terhambat sehingga menyebabkan penumpukan lemak. Anda dapat meningkatkan  metabolisme dengan bantuan makanan bergizi, diet seimbang dan olahraga teratur.

  • Pencernaan

Makan berlebihan dapat menyebabkan masalah pencernaan, seperti perut kembung dan bergas. Makan larut malam juga dapat mengganggu pencernaan, apalagi setelah makan langsung tidur, hal ini meningkatkan risiko penumpukan lemak di sekitar area perut.

  • Kurang Olahraga

Jika Anda malas berolahraga dan makan berlebihan tanpa aktivitas fisik, dapat menyebabkan obesitas dan lemak di perut. Olahraga secara teratur penting untuk membakar kalori dan mempertahankan berat badan yang sehat.

  • Alkohol

Alkohol menyebabkan turunnya laju metabolisme dan meningkatkan obesitas. Kalori yang ada pada  alkohol akan menumpuk di sekitar area perut. Itulah sebabnya kenapa orang yang suka minum alkohol, kebanyakan perutnya bengkak alias buncit.

  • Menopause

Menopause adalah salah satu alasan utama terjadinya lemak di perut pada wanita. Setelah menopause, banyak wanita cenderung mengalami masalah lemak di sekitar perut karena perubahan hormon.


Tips Mencegah Perut Buncit

Cara yang efektif untuk mencegah perut buncit adalah dengan menjalankan diet seimbang yang tepat antara serat, protein, lemak, dan karbohidrat. Plus olahraga teratur adalah cara terbaik untuk menyingkirkan lemak di perut. Berikut ini tips cara mencegah perut buncit dan cara mengecilkan perut secara alami.

1. Cukup tidur

Ya tidur bisa loh membantu menurunkan berat badan. Penelitian menunjukan bahwa tidur kurang dari 7 jam bisa menghalangi Anda menurunkan berat badan, kenapa? Karena ketika kurang tidur, tubuh kita akan memproduksi lebih banyak ghrelin, hormon yang menjadikan kita mudah lapar.

2. Berolahraga

Latihan yang konsisten dapat membantu mengurangi lemak perut. Namun latihan atau olahraga tertentu yang hanya fokus pada daerah perut kurang efektif untuk menghilangkan lemak di perut.

Lemak bisa menumpuk di berbagai bagian tubuh, hampir tidak mungkin untuk mengurangi lemak hanya di satu tempat.

Olahraga seperti berlari, berjalan, dan berenang, efektif untuk menjaga berat badan dan membantu mengurangi lemak perut.

3. Kurangi Gula

Gula dan minuman manis harus dihindari, kenapa? Karena tidak sehat dan meningkatkan produksi lemak. Gula terdiri dari glukosa dan fruktosa. Asupan gula berlebihan akan membanjiri hati dengan fruktosa, yang dalam jangka panjang akan berubah menjadi lemak. Ketika ini terjadi terus-menerus, akan terjadi penumpukan lemak di perut. Cairan manis dalam bentuk minuman ringan dan jus buah juga meningkatkan akumulasi lemak.

4. Perbanyak Protein

Untuk menghilangkan lemak di perut Anda harus lebih banyak mengkonsumis protein. Protein tidak dapat disimpan dalam tubuh seperti lemak dan karbohidrat. tubuh hanya akan memanfaatkan satu kali saja. Protein membantu dalam mencegah kenaikan berat badan, makan cukup protein dapat membantu menurunkan berat badan karena cadangan lemak dalam tubuh digunakan sebagai bahan bakar untuk membakar kalori.

5. Kurangi Karbohidrat

Makanan yang rendah karbohidrat lebih efektif untuk mengurangi lemak perut dibandingkan dengan makanan rendah lemak. Makanan rendah lemak hanya berfokus pada pembakaran kalori dan mengurangi rasa lapar. Dengan makanan  rendah karbohidrat, Anda tidak akan kelaparan saat berolahraga untuk menghilangkan lemak perut.


Bahan Alami Untuk Mengecilkan Perut

Cara mengecilkan perut bisa dengan minuman yang terbuat dari campuran bahan alami yang memang efektif untuk membakar lemak. Berikut ini minuman dari bahan alami yang bisa membantu Anda mengecilkan perut:

1. Lemon

Lemon kaya akan nutrisi seperti kalsium, kalium, magnesium, zat besi dan vitamin A, C dan B-kompleks serta serat pektin, protein dan karbohidrat. Serat pektin dalam lemon dapat membantu mengurangi keinginan untuk ngemil dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Bahan:
– 1 lemon
– 1 gelas air hangat

Cara: Peras lemon, masukan air lemon ke dalam gelas berisi air hangat. Minum air ini di pagi hari saat perut kosong.

2. Almond

Almond merupakan salah satu makanan super yang sangat bagus untuk menurunkan berat badan dan mengecilkan perut buncit, bagaimana bisa? Karena almond kaya akan nutrisi penting seperti magnesium, protein, vitamin E dan serat!

Protein dapat mengembangkan massa otot dan membakar lemak. Serat baik untuk pencernaan dan memberikan perasaan kenyang. Lemak tak jenuh membantu menurunkan berat badan dan mengurangi Body Mass Index (BMI).

Selain itu almond juga dapat membantu mengatasi penyakit jantung dan diebetes, kenapa? Karena almond mampu mengurangi kolesterol jahat dan menstabilkan gula darah.

Almond seperti apa yang bagus untuk menghilangkan lemak dan mengecilkan perut? Almond panggang! Hindari almond yang digoreng atau dilapisi gula dan jangan makan berlebihan, cukup 10-20 almond perhari.

Bagaimana caranya? Rendam 6-8 kacang almond dalam air selama semalam dan makan kacang ini di pagi hari. Namun kalau Anda minum air lemon di pagi hari, tunggu 30-40 sebelum makan almond. Selain di rendam Anda juga bisa menambahkan almond pada salad atau sereal.

3. Kacang-kacangan

Sumber protein tanpa lemak seperti daging ayam dan kacang-kacangan dapat membantu tubuh Anda menjaga asupan lemak jenuh pada tingkat yang sehat. Jika Anda tidak dapat makan daging ayam setiap hari, Anda bisa menggantinya dengan kacang-kacangan.

Kacang-kacangan dapat membantu mengecilkan perut karena mengandung protein tanpa lemak dan berbagai senyawa sehat lainnya seperti serat. Kacang-kacangan memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga mudah dicerna dan menjadikan Anda merasa kenyang lebih lama.

Kacang-kacangan seperti apa yang bagus untuk menghilangkan lemak dan mengecilkan perut?Kacang putih, kacang merah muda, kacang merah, Kacang hitam, kacang pinto, miju-miju dan buncis.

4. Mentimun

Mentimun mengandung dua jenis mineral, sulfur dan silikon. Mineral inilah yang menjadikan timun dapat membantu membakar lemak. Selain itu, timun juga tinggi kadar airnya sehingga dapat bertindak sebagai diuretik untuk mencegah perut kembung.

Kombinasi mentimun dengan lemon sangat bagus untuk membakar lemak, kenapa? Karena lemon sangat baik untuk meningkatkan metabolisme dan mengadung asam yang dapat menghancurkan lemak. Sementara mentimun mengandung 96% air dan hanya 45 kalori.

Bagaimana cara menggunakan timun untuk menghilangkan lemak dan mengecilkan perut? Anda bisa menambahkan semangkuk irisan mentimun pada sarapan Anda. Atau tambahkan timu pada salad dan jadikan timun sebagai cemilan.

5. Sereal Gandum

Sarapa dengan sereal gandum berserat tinggi dapat menjaga kadar gula darah tetap stabil sehingga Anda akan merasa kenyang lebih lama. Kombinasi sereal dengan susu dapat mempercepat metabolisme pembakaran lemak.

Menurut penelitian, sarapan dengan sereal yang kaya akan kalsium dan vitamin D dapat membantu menurunkan berat badan dan membakar lemak dengan cara menurunkan produksi enzim penghasil lemak.

Bagaimana cara membuat sereal gandum untuk menghilangkan lemak dan mengecilkan perut? Anda bisa merebus sereal dalam susu dan menambahkan sejumput katu manis, beberapa kacang almond, buah berri dan madu.

6. Cuka Sari Apel

Cuka Sari Apel mengadung asam asetat yang dapat membantu menyingkirkan lemak perut. Zat asam ini melancarkan sistem pencernaan dan menyaring protein yang penting untuk homon pertumbuhan tubuh kita. Hormon pertumbuhan adalah salah satu medium terbaik yang dapat memecah sel-sel lemak.

Bagaimana cara menggunakan cuka sari apel untuk menghilangkan lemak dan mengecilkan perut?

Bahan:
– 2 sdm cuka cari apel
– 1 gelas air

Cara: Masukan cuka sari apel ke dalam gelas. Minim air ini sebelum sarapan, makan siang dan malam.

7. Apel

Apel dapat membantu mengecilkan perut, dan mengurangi lemak khususnya lemak perut. Buah ini kaya serat, flavonoid, fitosterol dan beta-karoten. Apel juga mengandung enzim pektin yang menjadikan Anda merasa kenyang sehingga Anda tidak makan berlebihan. Polifenol dalam apel dapat mencerna semua jenis lemak.

8. Alpukat

Memang alpukat mengadung kadar lemak tak jenuh yang cukup tinggi, namun buah yang kaya akan kalium, vitamin B, asam amino dan serat ini dapat membantu Anda mengecilkan perut dan menghilangkan lemak, khususnya di sekitar pinggang.

Alpukat dapat mecegah peradangan sistemik yang merupakan penyebab meningkatnya kadar kolesterol. Selain itu juga membantu mempertahankan keseimbangan kadar gula sehingga tubuh Anda tidak menimbun kalori berlebihan. Ketika kolesterol dan gula darah stabil, tubuh tidak akan memproduksi hormon kortisol, hormon yang menyebabkan meningkaktnya berat badan.

Bagaimana cara menggunakan alpukat untuk menghilangkan lemak dan mengecilkan perut? Anda bisa mencampur alpukat dengan beberapa tetes air lemon. Bisa juga dijadikan sandwich, salad, dll.

9. Teh Hijau

Teh hijau sangat baik untuk meningkatkan metabolisme. Selain itu, teh hijau juga mampu menghasilkan panas di dalam tubuh dan merangsang oksidasi lemak. Senyawa teh hijau yang disebut epigallocatechin gallate (EGCG) membantu merangsang pembakaran lemak.

Bagaimana cara menggunakan teh hijau untuk menghilangkan lemak dan mengecilkan perut?

Bahan:
– 1 sdt daun teh hijau
– 2 cangkir air panas
– 1 sdt madu

Cara: Masukan daun teh ke dalam cangkir, tuangkan air panas. Biarkan selama 2-3 menit, saring dan tambahkan madu.

10. Teh Oolong

Teh oolong merupakan metode menurunkan berat badan dari Cina. Teh ini berasal dari tanaman Camellia Sinensis.

Jika Anda ingin menghilangkan lemak dan mengecilkan perut dengan cepat, Anda dapat minum teh oolong setiap hari.

Bagaimana cara mengecilkan perut  dengan teh oolong? Anda juga bisa mencampur teh ini dengan teh hijau.

Bahan:
– ¬Ĺ sdt oolong
– ¬Ĺ sdt teh hijau
– Air panas
– 1 sdt madu

Cara: Masukan teh kedalam cangkir, tuangkan air panas, biarkan selamaa kurang lebih 2-3 menit. Saring dan tambahkan madu. Minum teh ini 2-3 kali sehari.


Olahraga Terbaik Untuk Mengecilkan Perut

Olahraga Terbaik Untuk Mengecilkan Perut

Olahraga atau latihan apa yang efektif untuk mengecilkan perut? Kardio dikombinasikan dengan diet rendah kalori dapat membantu Anda menghilangkan lemak yang menumpuk di perut.

Ada berbagai jenis olahraga seperti kardio, HIIT (High Intensity Interval Training) dan olahraga perut yang dapat membantu Anda membakar lemak dan meningkatkan sistem metabolisme.

Berenang, menari, bersepeda, dll adalah beberapa latihan kardio yang dapat membantu membakar lemak.

HIIT adalah latihan kardio dengan intensitas tinggi dimana intensitas  bervariasi setiap beberapa menit sehingga memaksa tubuh membakar lebih banyak kalori dalam rentang waktu yang lebih singkat.

Olahraga perut seperti Crunches bagus untuk otot perut dan harus dilakukan bersama dengan latihan  HIIT untuk menghilangan lemak di perut dan sekaligus mengencangkan perut.

Latihan-latihan berikut ini sangat efektif untuk mengecilkan perut, membakar kalori dan menguatkan otot perut.

1. Jalan Kaki

Salah satu latihan cardio yang mudah, murah dan efektif untuk membakar lemak perut adalah jalan kaki. Jika Anda menerapkan diet sehat dikombinasikan dengan olahraga jalan kaki selama 30-45 menit, empat sampai lima hari setiap minggu, lemak di perut Anda akan menghilang dengan cepat.

2. Lari

Berlari merupakan salah satu cara terbaik untuk membakar kalori. Menurut sebuah penelitian, jika Anda rutin melakukan olahraga lari setiap minggu, lemak berlebih dalam tubuh Anda akan berkurang secara drastis. Selain bagus untuk pembakar lemak, olahraga ini juga menyehatkan jantung.

3. Jogging

Joging merupakan jenis olahraga aerobik yang bagus untuk membakar lemak. Ketika Anda jogging, tubuh Anda akan memompa oksigen ke seluruh tubuh untuk membakar lemak dan mengubahnya menjadi energi. Joging selama 20 menit setiap hari juga akan membantu kita menghasilkan defisit kalori sehingga lemak cepat tersingkir.

4. Bersepeda

Anda dapat membakar banyak kalori saat bersepeda. Bersepeda tidak hanya efektif dalam membantu Anda menurunkan berat badan, tetapi juga meningkatkan metabolisme tubuh.

5. Berenang

Berenang merupakan latihan kardiovaskular yang sangat baik untuk menurunkan berat badan dan mengencangkan tubuh. Selain itu juga dapat memperkuat otot jantung dan memperbaiki pengiriman oksigen ke berbagai bagian tubuh.

6. Crunches

Crunche menempati posisi nomor satu untuk latihan pembakar lemak perut. Tidak ada olahraga yang membakar lemak perut lebih cepat dari  lantihan crunches.

– Berbaring di atas tikar dengan lutut ditekuk dan kaki di tanah.
– Anda juga bisa mengangkat kaki Anda dari lantai pada sudut 90 derajat.
– Angkat tangan Anda dan tempatkan di belakang kepala.
– Tarik napas dalam-dalam, dan buang napas saat mengangkat tubuh bagian atas.
– Tarik napas lagi saat Anda turun, dan buang napas saat mengangkat.
– Lakukan ini selama 10 kali.
– Ulangi dua atau tiga set.

7. Twist Crunches

Setelah Anda terbiasa dengan crunches, Anda bisa melakukan latihan Twist Crunches, latihan perut yang lebih efektif.

– Berbaringlah di lantai dengan tangan di belakang kepala.
– Tekuk lutut Anda seperti latihan crunches, kaki tetap di lantai.
– Saat latihan crunches Anda harus mengangkat tubuh bagian atas. Tapi, di twist crunches, hanya bahu kanan yang diangkat ke arah kiri, dan sisi kiri badan harus tetap di lantai.
– Secara bergantian, angkat bahu kiri Anda ke arah kanan, jaga sisi kanan tubuh Anda tetap di lantai.
– Ulangi 10 kali.

8. Side Crunch

Side Crunch hampir sama dengan latihan twist crunch. Satu-satunya perbedaan adalah gerakan memiringkan kaki Anda ke sisi yang sama dengan bahu Anda secara bersamaan.

9. Reverse Crunches

Reverse Crunches juga mirip dengan latihan twist. Simak video berikut ini.

10. Vertical Leg Crunch

Vertical Leg Crunch bermanfaat untuk menguatkan otot perut dan meningkatkan metabolisme Anda.

11. Bicycle

Silahkan lihat gerakan Bicyle seperti video dibawah ini:

12 Lunge Twist

13. Rolling Plank

14. The Stomach Vacuum

15. Captain’s Chair

16. Bending Side To Side

Itulah ulasan tips cara mengecilkan perut secara alami. Untuk mendapatkan hasil yang cepat, minum ramuan dari bahan alami, lakukan olahraga diatas secara teratur dan terapkan diet sehat yang terdiri dari makanan rendah lemak dan tinggi protein untuk meningkatkan metabolisme.

No Responses

Reply