7 Jenis Menu Sarapan untuk Diet Sehat Menurunkan Berat Badan

Apa saja jenis menu sarapan untuk diet sehat menurunkan berat badan? Menurut situs Ahli gizi  menu  sarapan terbaik untuk menurunkan berat badan adalah menu yang mengandung kalori, karbohidrat, protein, serta dan lemak sehat.

Menu sarapan dengan kandungan  tersebut dapat membantu membakar lemak dan memberikan rasa kenyang lebih lama. Sehingga kita tidak akan kelaparan yang kemudian menyebabkan kita makan secara berlebihan.

Berikut adalah beberapa pilihan menu sarapan yang paling baik pada saat diet.

1. Kalori

Nasi-merah-bagus-untuk-langsingkan-tubuh

Kalori yang kamu butuhkan pada saat sarapan kurang lebih antara 300 hingga 400 kalori.

Jika kamu mencoba menurunkan berat badan, cobalah untuk mengkonsumsi kalori antara 300 hingga 350 saja.

Jika kamu ingin menjaga berat badan ideal, sebaiknya kamu tidak keluar dari hitung-hitungan tersebut.

Beberapa sumber kalori untuk sarapan diantaranya adalah: Buah pisang, beras merah, oat, sereal, telur, atau sayuran bertepung seperti brokoli yang dijadikan sebagai jus.

 

2. Karbohidrat

Tips-diet-kurangi-asupan-karbohidrat

Selain itu, kamu membutuhkan sekitar 45% hingga 55% kebutuhan kalorimu harus dipenuhi dari karbohidrat karena bisa menjadi sumber tenaga.

Namun ingat, cobalah untuk menghindari makanan-makanan manis atau makanan-makanan yang sudah diproses seperti tepung putih, gula, atau pasta.

Sebaliknya, beras merah, biji-bijian seperti gandum, buah-buahan dan sayuran adalah yang paling dianjurkan.

 

3. Protein

Protein-untuk-bakar-lemak-perut

Menu sarapan pada saat diet harus melibatkan protein sekitar 15% hingga 20% dari jumlah kalori yang akan kita penuhi.

Protein bisa kita dapatkan dari berbagai hal mulai dari telur, produk susu, susu kedelai, kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, dan lain-lain.

Protein sangat penting dikonsumsi pada saat sarapan terutama untuk menjaga agar kamu merasa kenyang lebih lama.

 

4. Lemak

Tips-diet-makan-lemak-sehat

Kamu juga tidak boleh melupakan lemak. Lemak dibutuhkan sekitar 10 hingga 15 gram yang akan mencukupi sekitar 30% hingga 35% dari jumlah total kalori yang kita konsumsi pada saat sarapan.

Namun ingat, alih-alih memenuhinya dari beberapa makanan berlemak yang tidak baik seperti daging berlemak atau keju.

Lebih dianjurkan memenuhi kebutuhan lemak dari makanan yang lebih sehat seperti minyak zaitun, kacang-kacangan, biji-bijian, mentega, atau khususnya buah alpukat dan ikan.

 

5. Serat

Sayuran-sumber-serat-untuk-diet-sehat

Setiap hari kita juga membutuhkan serat. Kita setidaknya harus memenuhi 25% dari kebutuhan serat total harian pada pagi hari.

Beberapa sumber serat yang baik untuk dikonsumsi pada saat sarapan adalah, sayuran berdaun hijau, apel, buah pir, dan berbagai jenis buah berry.

Selain itu, serat juga bisa bersumber dari biji-bijian seperti biji bunga matahari, beras merah, atau kacang-kacangan.

 

6. Gula

Buah untuk Diet Menurunkan Berat Badan Secara Alami & Sehat

Gula bisa bermanfaat sebagai energy booster. Gula sebaiknya tidak dipenuhi dari mengkonsumsi gula pasir, melainkan, kamu sebaiknya memenuhinya dari gula alami yang bisa didapatkan dari berbagai jenis buah-buahan seperti, buah pisang, buah apel, buah strawberry, mangga, atau buah jeruk.

Selain itu, kamu juga bisa mengganti gula biasa dengan menggunakan madu yang lebih aman karena tidak menyebabkan resiko gangguan kesehatan di masa yang akan datang.

 Waktu Sarapan

Tips-diet-makan-tepat-waktu

Tidak hanya menu sarapan yang perlu diperhatikan untuk diet pemilihan waktu yang ideal untuk makan pada saat pagi juga bisa menentukan.

Makan setidaknya 30 hingga 60 menit setelah bangun tidur adalah yang paling baik.

Namun jika kamu masih tidak tertarik atau tidak bernafsu untuk menyentuh makanan apapun, cobalah untuk memaksa dirimu dan cobalah untuk membagi menjadi dua sesi sarapan.

Sarapan yang pertama bisa kamu lakukan dengan minum air putih, atau minum jus buah segar.

Kemudian pada saat sarapan kedua kamu bisa melanjutkannya dengan mengkonsumsi buah-buahan segar, telur, nasi, atau beberapa makanan sehat lainnya.


Contoh menu sarapan untuk diet

A. Oats dengan buah dan kacang

Oat-plus-buah-menu-sarapan-diet-terbaikOats memiliki banyak kandungan serat. Selain itu, oats juga banyak mengandung protein lebih dari gandum asli.

Jika kamu memilikinya, kamu bisa memasak satu setengah cangkir oat yang dicampurkan dengan air setengah cangkir dan ditambahkan susu kedelai sebagai pemanisnya sekitar satu setengah cangkir.

Untuk topping-nya kamu bisa memberikan buah-buahan seperti buah berry, kenari cincang dan sirup mapel.

Menu sarapan ini mengandung kalori sebanyak 328, lemak 9,7 gram, lemak jenuh 1 gram, karbohidrat 51,1 gram, serat 7,2 gram, gula 16,6 gram, dan protein 11,8 gram.

B. Telur gulung

telur-gulung-plus-bayam-menu-sarapan-diet-terbaikMenu sarapan sehat untuk diet lainnya adalah telur gulung yang dicampurkan dengan 2 sendok makan kacang hitam, seperempat cangkir tomat cincang, 2 sendok makan bawang, dan 1 cangkir bayam.

Untuk memenuhi kebutuhan gizi dan vitamin yang lainnya, ada baiknya kamu menambahkan satu seperempat alpukat. Tambahkan juga sedikit merica, bubuk cabai, jinten, dan garam.

Menu sarapan telur gulung ini mengandung sekitar 345 kalori, 15,7 gram lemak, 3,5 gram lemak jenuh, 36,8 gram karbohidrat, 9,7 gram serat, 3,2 gram gula dan 17,4 gram protein.


Kesalahan pada saat sarapan yang harus dihindari

Melewatkan sarapan. Melewatkan sarapan dapat menyebabkan kamu kelaparan pada siang hari sehingga makan berlebihan. Selain itu, tidak sarapan juga menyebabkan metabolisme-mu rendah.

Mengkonsumsi makanan tidak seimbang. Makan terlalu banyak nasi dan meninggalkan yang lainnya seperti dengan menggunakan nasi goreng untuk sarapan adalah contoh tidak baik yang menyebabkan ketidakseimbangan.

Sebaiknya, pada saat sarapan kamu harus memenuhi berbagai kebutuhan gizi dengan cara seperti contoh di atas.

loading...

Reply