7 Tips Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

Tips cara menurunkan berat badan setelah melahirkan. Kapan sebenarnya kita boleh menurunkan berat badan setelah melahirkan? Apakah langsung sesaat setelah melahirkan, ataukah kita harus menunggu? Dalam kasus ini, ada pro dan kontra.

Namun idealnya, kemungkinan besar dokter maupun bidan tidak akan menyarankan kamu untuk mulai menurunkan berat badan beberapa minggu setelah melahirkan.

Karena tubuh biasanya membutuhkan waktu untuk pulih terlebih dahulu. Idealnya, cobalah untuk menunggu hingga kamu benar-benar sembuh pasca melahirkan setidaknya antara 2-6 bulan.

Cara menurunkan berat badan setelah melahirkan yang aman dan mudah

Mulailah dengan memilih makanan-makanan yang sehat, termasuk, perbanyak makan buah-buahan dan sayuran setiap hari.

Selain itu, mengkonsumsi air putih sepanjang hari agar tetap terhidrasi juga bisa membantu mengurangi nafsu makan dan membuat kita kenyang lebih cepat.

Cara ini sangat efektif menurunkan berat badan pada kecepatan normal yang sehat. Selain mengalami penurunan berat badan, kamu juga tidak akan kehilangan banyak energi sehingga tetap bisa mengasuh anak dan beraktivitas.

Tips di bawah ini akan membantumu menurunkan berat badan dengan cara yang ideal dan sehat.

1. Jangan lewatkan sarapan

Menu sarapan yang dianjurkan untuk menurunkan berat badan diantaranya adalah makanan yang dapat memberikan rasa kenyang lebih lama, makanan yang mengandung sejumlah karbohidrat namun tetap memiliki  gizi dan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh.

Beberapa pilihan makanan ideal untuk sarapan diantaranya adalah:

  • Susu rendah lemak atau tanpa lemak
  • Pisang
  • Buah apel
  • Beras merah
  • Gandum
  • Oats meal
  • Sereal
  • Jagung
  • Telur

2. Konsumsi setidaknya lima porsi buah dan sayuran setiap hari

Buah-buahan hampir semuanya memiliki manfaat untuk tubuh terutama untuk memenuhi kebutuhan mineral dan vitamin.

Diantara sarapan dan makan siang jangan lupa mengkonsumsi buah-buahan seperti buah anggur, buah pepaya, buah jeruk atau yang lainnya.

Selain itu, setiap makan, seperti makan siang dan pada saat makan malam, ada baiknya kamu memperbanyak jumlah sayuran dan mengurangi jumlah nasi.

Cara ini adalah cara terbaik untuk mempertahankan agar kamu tetap ber-energi namun tidak terlalu banyak mengkonsumsi kalori.

3. Tetaplah menyusui

Jangan malas menyusui bayi. Karena dengan menyusui kamu bisa membakar kalori antara 300 hingga 500 kalori per hari hampir sama dengan melakukan senam zumba selama 1 jam. Selain bermanfaat bagi dirimu, tentu saja ASI akan sangat baik bagi buah hati.

Jika kamu sibuk tidak bisa memberikan ASI secara eksklusif atau secara langsung, tidak ada salahnya untuk memompa ASI dan menyimpannya di kulkas.

4. Sertakan makanan yang kaya serat

Makanan berserat adalah makanan yang ideal untuk menurunkan berat badan karena bisa memperlancar pencernaan. Beberapa makanan yang banyak mengandung serat salah satunya adalah kacang-kacangan.

Kacang-kacangan selain mengandung serat tinggi juga mengandung sejumlah protein yang akan membantu kita menguatkan jaringan otot.

Selain kacang-kacangan, biji-bijian seperti gandum, beras merah, lentil, dan biji bunga matahari merupakan makanan lain yang banyak mengandung serat.

Sedangkan sayuran dan buah-buahan telah disebutkan sebelumnya merupakan makanan wajib yang harus dikonsumsi setidaknya 5 porsi setiap hari untuk memenuhi kebutuhan serat, vitamin, dan mineral.

5. Hindari makanan berlemak

Beberapa sumber makanan berlemak seperti kue, biskuit, permen, makanan siap saji, dan berbagai jenis makanan-makanan manis yang mengandung gula adalah sumber lemak yang harus kamu hindari.

Disamping itu, makanan-makanan yang digoreng, daging berlemak, daging ayam dengan kulitnya juga mengandung banyak lemak.

Jadi, jika kamu ingin makan daging untuk memenuhi kebutuhan protein, ada baiknya kamu memilih daging tanpa lemak. Begitu juga dengan daging ayam, sebisa mungkin makanlah daging ayam tanpa kulitnya.

6. Perhatikan juga ukuran porsi makan dan waktunya

Untuk menurunkan berat badan, ada baiknya mengurangi porsi makan. Namun, mengurangi jumlah makan bukan berarti kamu harus kelaparan.

Apabila kamu merasa lapar, makanlah cemilan sehat seperti buah-buahan, jus tanpa gula, atau dengan makan dalam porsi kecil.

Yang perlu diperhatikan adalah pada saat malam. Biasanya pada saat malam kita tidak membutuhkan terlalu banyak energi karena tidak banyak aktivitas yang kita lakukan selain tidur.

Ini adalah kesempatan kita untuk menurunkan berat badan dan mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi.

Idealnya, agar berat badan mudah turun, sebaiknya kamu mengkonsumsi makanan seperti kentang, jagung, sayuran dan buah-buahan sebagai pengganti nasi agar tidak banyak kalori yang disimpan oleh tubuhmu dalam bentuk lemak.

Agar kalori yang kamu miliki bisa cepat habis digunakan, sebaiknya kamu juga makan lebih lebih awal misalnya pada pukul 18.00 atau pada pukul 17.00.

7. Olahraga turunkan berat badan setelah melahirkan

Selain diet sehat, olahraga yang tepat juga berperan penting untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan.

Berikut ini video yang bisa kamu jadikan inspirasi untuk menurunkan berat badan. Namun sebaiknya sebelum kamu melakukan olahraga ini, konsultasi dulu dengan dokter yak..

loading...

Reply