Panduan Cara Olahraga Mengecilkan Perut Dengan Cepat

Panduan cara olahraga mengecilkan perut dengan cepat. Ukuran pinggang, terutama area perut yang semakin membesar terkadang dianggap sebagai sesuatu yang biasa, terlebih jika dialami oleh seseorang yang berada di usia lanjut.

Bagi kaum wanita, hal tersebut ada benarnya terutama setelah mereka memasuki usia menopause dimana lemak ditubuh cenderung bergeser ke perut dan sulit untuk dihilangkan. Tidak hanya wanita, hal ini juga umum terjadi pada pria.

Penyebabnya, semakin bertambahnya usia, baik laki-laki maupun perempuan mengalami penurunan metabolisme yang menyebabkan mereka kesulitan untuk mengurangi jumlah lemak di tubuh mereka.

Namun, tidak hanya orang dewasa yang mengalami masalah lemak di perut melainkan saat ini, banyak juga mereka yang masih berusia muda mengalami masalah tumpukan lemak di pinggang. Tidak hanya menyebabkan kita terlihat tidak menarik, lemak di perut juga membawa beberapa resiko kesehatan serius.

Penyebab perut berlemak

Penumpukan lemak di perut, selain karena sulit dihilangkan akibat menurunnya metabolisme tubuh, bisa juga disebabkan karena:

1. Makanan

Makanan yang kita konsumsi sehari-hari sangat berperan terhadap penumpukan lemak di tubuh. Makanan yang banyak mengandung karbohidrat seperti nasi adalah penyebab mengapa perut mudah menjadi buncit.

Terlebih, jika kita tidak terlalu banyak mengeluarkan tenaga setiap hari untuk bekerja, makan nasi terlalu banyak sebenarnya tidak baik.

Mengingat nasi mengandung banyak karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber tenaga. Dan sayangnya, apabila tidak dibutuhkan atau apabila tidak terpakai, karbohidrat akan disimpan dalam bentuk lemak sebagai sumber energi cadangan.

Apabila terakumulasi dari hari ke hari, sumber energi cadangan yang berupa lemak tersebut akan terus bertambah dan membuat sebagian besar dari tubuh kita berlemak terutama di bagian perut yang kendur.

Beberapa makanan yang kaya karbohidrat diantaranya adalah:

  • Nasi
  • Gula
  • Roti
  • Pasta

2. Kebiasaan makan

Selain terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, kebiasaan makan yang buruk, misalnya dengan jarang sarapan atau makan terlalu banyak pada malam hari dimana kita tidak membutuhkan banyak tenaga, adalah penyebab lain mengapa perut berubah menjadi gendut.

3. Jarang berolahraga

Lemak yang terus terakumulasi setiap hari di tubuh kita harus segera dibakar atau dihilangkan. salah satu caranya adalah dengan berolahraga.

Melakukan berbagai gerakan olahraga yang melibatkan bagian perut dan pinggang adalah yang paling efektif untuk menurunkan berat badan dan mengurangi lemak tubuh. Karena dengan berolahraga, kulit akan menjadi semakin kencang.

Resiko kesehatan akibat lemak di perut

Lemak yang ada di perut tidak hanya menyebabkan penampilan kita tidak menarik, namun lebih dari itu, lemak-lemak tersebut dapat menyebabkan beberapa penyakit seperti:

  • Penyakit jantung
  • Tekanan darah tinggi
  • Diabetes tipe 2
  • Kolesterol, dan
  • Masalah pernapasan

Panduan Cara Olahraga Mengecilkan Perut

Untuk menghilangkan lemak perut agar perut menjadi lebih kecil, rata dan langsing, selain dengan mengurangi jumlah karbohidrat, mengatur pola makan, ada beberapa olahraga mengecilkan perut yang bisa kamu lakukan.

Dan berikut adalah beberapa olahraga yang paling efektif mengecilkan perut.

Penting!
Sebelum mulai berolahraga untuk mengecilkan perut, pastikan kamu melakukan pemanasan terlebih dahulu dan lakukanlah gerakan-gerakan selain yang berkonsentrasi pada perut lalu kemudian di tengah-tengah sesi kamu bisa berkonsentrasi ke bagian perut atau di akhir sesi.

1. Olahraga cardio untuk mengecilkan perut

Cardio dipilih sebagai salah satu cara untuk mengecilkan perut karena memiliki beberapa kelebihan, yang pertama yaitu dapat membantu meningkatkan metabolisme dengan cepat, membantu membakar lemak tidak hanya di area perut, serta dapat memberikan hasil yang sangat cepat.

2. Olahraga sit-up dan mengecangkan perut

Gerakan sit-up dapat membantu mengecilkan perut dan mengencangkan terutama area perut bagian atas. Gerakan sit-up yang bisa kamu lakukan juga bervariasi diantaranya adalah dengan:

  • Terlebih dahulu kamu harus tidur terlentang sambil meletakkan kedua tangan didepan dada lalu tekuk lututmu ke bagian atas.
  • Setelah itu, angkat badanmu mendekati lutut, lalu kembalilah ke posisi semula atau kamu bisa menahannya beberapa centi sebelum menyentuh lantai untuk kembali mengangkat tubuh.
  • Cara yang kedua kurang lebih sama dengan sikap metode pertama. Hanya saja, kamu harus mengangkat kaki sedikit agar melayang beberapa senti diatas lantai dan lakukan gerakan yang sama, yaitu dengan mengangkat badan bagian atas sambil mendekatkan lutut dengan wajah.

3. Warm up crunches

Cara melakukan warm up crunches:

  • Berbaringlah di atas matras atau lantai dengan posisi terlentang.
  • Tekuk kedua lutut ke arah atas kira-kira 30 derajat untuk mendekatkan kedua kaki ke bokong.
  • Letakkan kedua telapak tangan di bagian belakang kepala.
  • Lalu, angkat kepala dan bagian atas tubuh. Namun ingat, jangan menekuk leher dan bahu. Akan tetapi cobalah menggunakan otot-otot di tubuhmu mulai dari, menggunakan otot perut untuk menarik dan otot punggung untuk mendorong.
  • Perlahan, sambil mengeluarkan nafas, kembalikan tubuhmu ke posisi semula dengan tetap mempertahankan posisi lutut yang ditekuk.
  • Lakukan setidaknya 8 hingga 10 kali untuk satu set. Ulangi 2-3 set dalam sehari.

4. Reverse crunches

Untuk melatih otot perut bagian bawah, kita akan melakukan latihan reverse crunches. Caranya adalah,

  • Berbaringlah secara terlentang di lantai atau dengan menggunakan alas (matras).
  • Letakkan kedua tanganmu di sisi tubuh dengan telapak tangan menelungkup dan menempel di lantai.
  • Luruskan dan dekatkan kedua kakimu.
  • Lalu tarik sambil menekuk lutut mendekati dada dengan tubuh, kepala dan lengan tetap menempel di lantai.
  • Selanjutnya, angkat panggulmu dengan mendekatkan lutut ke arah wajah dan tetap mempertahankan posisi kaki yang menekuk.
  • Tahan beberapa saat sebelum kamu mengeluarkan napas sambil mengembalikan posisi seperti semula.
  • Ulangi cara tersebut setidaknya 10 kali.

5. Leg lift

Leg Lift adalah olahraga lain untuk mengecilkan perut bagian bawah. Cara melakukannya,

  • Berbaring terlentang di lantai dengan lengan disamping tubuh menempel dengan lantai.
  • Pastikan kakimu dan menempel satu sama lain dengan posisi lurus.
  • Mulailah melakukan gerakan mengangkat tubuh bagian atas termasuk kepala dan kaki menjauhi lantai dengan punggung bagian bawah, serta lengan masih menempel di lantai.
  • Tahan beberapa saat kemudian turunkan kembali tubuh bagian atas dan kaki menyentuh lantai untuk mengulangi gerakan yang sama sebanyak 8 hingga 10 kali.

Yang tidak boleh kamu lupakan, selain berolahraga dan mengurangi karbohidrat adalah, kamu juga harus menambahkan protein ke dalam makananmu.

Protein bisa berasal dari kacang-kacangan, atau daging hewan tanpa lemak. Selain itu, kamu juga tidak boleh melupakan minyak esensial.

Minyak esensial mengandung lemak baik atau lemak tak jenuh yang biasanya kita dapatkan dari biji-bijian, kacang-kacangan dan berbagai jenis ikan terutama ikan salmon atau ikan tuna. Selain dari kedua ikan tersebut, kamu juga bisa mendapatkan lemak baik dari buah-buahan seperti buah alpukat.

Reply