Pola Makan Diet: Turunkan Berat Badan Dengan Cepat & Sehat

Pola makan diet: turunkan berat badan dengan cepat & sehat. Pola makan diet yang kita terapkan dapat membantu menurunkan berat badan dan dapat membantu mempertahankan berat badan ideal.

Namun ingat, pola makan diet tersebut harus sehat dan tidak menyebabkan gangguan kesehatan atau tidak membuatmu merasa tidak nyaman.

Agar berat badan cepat turun atau menjaga berat badan ideal dan juga bisa tetap sehat , kamu setidaknya harus menerapkan beberapa pola makan berikut ini.

Kenali manfaat dari setiap makanan yang kamu konsumsi

Kebanyakan diantara kita tidak dapat memilah dan menentukan apa saja makanan yang bermanfaat untuk dijadikan sebagai sumber tenaga, atau apa saja makanan yang kita butuhkan agar tetap terhidrasi.

Untuk itu, kamu perlu menambah sedikit wawasan mengenai hal tersebut agar memiliki banyak alternatif dan, agar bisa mengatur sendiri pola makan yang baik.

Agar kamu bisa melakukannya, berikut adalah beberapa makanan sehat untuk diet dan manfaatnya untuk tubuh kita.

1. Nasi

Nasi-sumber-energi-untuk-dietIni adalah makanan pokok kita yang dikonsumsi hampir setiap hari. Nasi banyak mengandung karbohidrat dan dianggap sebagai salah satu sumber karbohidrat sederhana.

Untuk beraktivitas kita membutuhkan sumber energi dan salah satunya adalah berasal dari nasi. Apabila kalori tidak habis digunakan untuk beraktivitas, kalori tersebut akan disimpan oleh tubuh dalam bentuk lemak.

Nasi, sayangnya tidak banyak mengandung vitamin atau mineral. Begitu juga dengan serat. Beberapa makanan yang hampir sama dengan nasi diantaranya adalah gula, pasta, tepung, dan mie.

2. Buah-buahan

Buah-buahan-sumber-vitamin-untuk-diet-sehatBerbagai jenis buah bisa menjadi sumber kalori, vitamin, mineral, dan serat yang bagus untuk turunkan berat badan.

Diantara beberapa buah-buahan yang baik dan bisa dijadikan sebagai pengganti nasi diantaranya adalah buah apel, pisang, dll.

3. Sayuran

Sayuran-sumber-serat-untuk-diet-sehatSayuran juga bisa dijadikan sebagai sumber kalori, vitamin, dan mineral serta serat. Beberapa sayuran bertepung adalah yang paling cocok untuk menggantikan nasi yang kamu kurangi setiap hari.

Beberapa jenis sayuran bertepung diantaranya adalah, brokoli, jagung, kentang, wortel, bawang putih, kacang hijau, kacang merah, kacang lima, labu kuning, lobak, ketela, kacang polong, kacang hitam, dan lain-lain.

4. Susu

Susu-untuk-diet-sehat-dan-cepatPada saat diet, kamu tetap dianjurkan untuk minum susu. Minumlah susu rendah lemak atau susu tanpa lemak dengan begitu, kamu tetap bisa mendapatkan beberapa manfaat lain yang dikandung oleh susu seperti berbagai jenis vitamin dan mineral.

5. Air putih

Air-putih-cairan-terbaik-turunkan-berat-badanAir putih sangat kita butuhkan setiap hari. Selama ini banyak orang percaya bahwa air putih bisa membuat mereka menjadi gemuk.

Padahal sebaliknya, air putih tidak mengandung kalori dan tidak mengandung lemak. Air putih justru dapat membantu melarutkan lemak di dalam tubuh.

Air putih bisa melancarkan BAB. Dan air putih juga bisa membantu kita membakar kalori sebanyak 24% hingga 30% satu jam setelah meminumnya.

6. Daging dan ikan

Daging-dan-ikan-sumber-protein-untuk-diet-sehatDalam diet yang benar, daging dan ikan tidak boleh dikesampingkan karena ini merupakan sumber protein yang paling mudah diserap oleh tubuh.

Selain ikan dan daging sebenarnya sumber protein juga bisa didapatkan dari berbagai jenis kacang-kacangan. Hanya saja berbagai jenis kacang-kacangan yang menjadi sumber protein tersebut tidak dapat diserap sebaik daging dan ikan.

Jadi, kamu tetap harus mengkonsumsi ikan dan daging pada saat diet.

7. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan-sumber-protein-untuk-diet-alamiKacang-kacangan adalah sumber protein, serat dan berbagai vitamin. Serat adalah yang paling diharapkan dari kacang-kacangan pada saat kita melakukan diet.

Dengan mengkonsumsi kacang-kacangan mulai dari kedelai, kacang tanah, kacang hijau dan lain-lain dapat membantu kita melancarkan sistem pencernaan sehingga kotoran dapat dibuang dengan sempurna.

Menurunkan berat badan dengan mengurangi kelebihan kalori

Setiap hari, seringkali kita kelebihan kalori karena makan terlalu banyak karbohidrat. Seperti yang telah dijelaskan, sumber karbohidrat adalah nasi.

Jika tidak habis digunakan, kalori tersebut akan disimpan oleh tubuh dalam bentuk lemak.

Agar kamu tidak merasakan perubahan yang drastis, ada baiknya kamu mengurangi jumlah konsumsi nasi pada malam hari dimana tidak banyak aktivitas yang akan kamu lakukan karena akan segera pergi tidur.

Untuk menggantinya, kamu bisa memperbanyak sayuran dan mengurangi jumlah nasi setiap malam. Atau, terapkan makan malam sebelum matahari terbenam.

1. Hindari makanan yang mengandung garam

Terlalu banyak garam dapat menyebabkan hipertiroidisme. Akan tetapi, kekurangan yodium atau garam juga dapat menyebabkan hipotiroidisme.

Garam adalah pengikat air di dalam tubuh kita tidak jadi apabila kamu banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung garam atau asin, kemungkinan besar banyak air yang akan diikat di dalam tubuhmu dan tidak keluar.

Oleh sebab itu, cobalah untuk membatasi makanan yang mengandung garam dalam jumlah yang moderat.

2. Ganti lemak jahat dengan lemak baik

Berbicara mengenai lemak, jangan terlebih dahulu beranggapan bahwa semua lemak jahat. Ada dua jenis lemak yang harus kamu tahu.

Yang pertama adalah lemak tidak sehat atau lemak trans (lemak jenuh). Dan yang kedua adalah lemak sehat atau lemak tak jenuh.

Lemak tidak sehat biasanya kita dapatkan dari minyak goreng yang kita gunakan untuk menggoreng makanan, dari lemak daging termasuk juga kulit ayam yang paling banyak mengandung lemak, kemudian susu berlemak.

Sedangkan lemak baik atau lemak tak jenuh biasanya justru sebaliknya, sangat kita butuhkan pada saat diet untuk menyeimbangkan hormon, dan untuk membantu tubuh kita agar bekerja dan berfungsi dengan baik.

Beberapa sumber lemak tak jenuh antara lain: ikan, terutama ikan salmon, ikan tuna, ikan makarel, ikan sarden, dan lain-lain. Kemudian lemak tak jenuh juga bisa kamu dapatkan dari alpukat.

3. Makan tepat waktu

Pada saat diet makanlah tepat waktu, hindari berpuasa, atau hindari sengaja mengakhiri waktu makan. Karena hal tersebut justru dapat menyebabkan makan secara berlebihan yang dpat menjadikan tubuh kita menumpuk kalori dan lemak.

Tags:
loading...

Reply