5 Jenis Sayuran Penurun Berat Badan

Jenis Sayuran untuk Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat – Ya semua jenis sayuran memang dapat membantu diet sehat untuk menurunkan berat badan atau menjaga berat badan.

Namun tahukah Anda? Ada beberapa jenis sayuran yang lebih cepat menurunkan berat badan, sayuran ini memiliki khasiat khusus untuk membakar lemak, meningkatkan metabolisme dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Berikut ini jenis sayur penurun berat badan yang bisa Anda konsumsi sebagai pendamping diet harian Anda.

1. Selada

Manfaat-sayur-selada-untuk-menurunkan-berat-badanSelada merupakan sayuran berdaun hijau yang kaya akan vitamin, mineral dan magnesium. Serta kaya serat dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Selain itu, selada juga memiliki efek menenangkan yang dapat membantu Anda terhindar dari kecemasan yang disebabkan karena diet.

Manfaat sayur selada untuk menurunkan berat badan.

  •  Kalori

Untuk menurunkan berat badan, Anda perlu mengkonsumsi lebih sedikit kalori daripada yang Anda keluarkan. Dan sayur selada efektif untuk membantu Anda melakukan hal ini karena selada sangat rendah kalori.

  • Mengurangi rasa lapar

Diet penurunan berat badan bisa menyebabkan Anda merasa lapar, tetapi Anda dapat mengurangi rasa lapar dengan makan selada.

Kandungan serat dan air dalam selada menjadikan sayuran ini makanan yang baik untuk menurunkan berat badan.

Anda bisa mengkonsumsi sayur selada dengan cara dimakan mentah atau dimasak dalam sup.

2. Bawang Merah

Manfaat-bawang-untuk-menurunkan-berat-badanSayuran untuk menurunkan berat badan lainnya adalah bawang merah. Sayur yang biasa digunakan dalam berbagai masakan ini kaya akan serat, nutrisi dan antioksidan yang disebut quercetin, yang berkontribusi untuk menurunkan berat badan.

Selain itu, bawang merah juga berkhasiat untuk menghilangkan cairan, menghindari sembelit dan mengontrol kadar gula dalam darah.

Manfaat bawang untuk menurunkan berat badan.

  • Membakar Kalori

Bawang kaya akan antikosidan yang disebut dengan quercetin. Antioksidan ini dapat membantu meningkatkan pengeluaran energi atau pembakaran kalori.

  •  Menyedapkan makanan tanpa kalori tambahan

Menambahkan bawang pada masakan Anda merupakan cara terbaik untuk menambah rasa makanan tanpa menambahkan banyak kalori ekstra. Selain juga membantu Anda merasa lebih kenyang dengan kalori yang lebih sedikit.

  • Serat

Menambahkan bawang pada makanan dapat membantu Anda mendapatkan lebih banyak serat. Serat adalah bagian dari tanaman pangan yang tidak dapat dicerna.

Serat membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan mengontrol berat badan Anda. Selain itu juga membantu mengendalikan kadar gula darah Anda.

3. Timun

Manfaat-timun-untuk-menurunkan-berat-badanTimun kaya akan nutrisi penting, termasuk vitamin C dan K, dan sayur ini memiliki beberapa nutrisi yang bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Manfaat timun untuk menurunkan berat badan.

  • Pencernaan

Hampir 95% kadungan timun adalah air dan 5% serat, kedua nutrisi ini efektif untuk membersihkan racun yang dilepaskan oleh sistem pencernaan. Dengan demikian timun dapat membantu menyehatkan sistem pencernaan.

  • Rendah kalori

Timun sangat rendah kalori. 1 cangkir irisan mentimun hanya mengandung sekitar 13,52 kalori. Sementara kandungan nutrisi dan air pada timun dapat membantu Anda merasa kenyang tanpa kalori berlebih.

  • Meningkatkan energi

Kandungan serat pada timun tidak hanya membantu membersihkan saluran pencernaan, tetapi juga seluruh tubuh Anda.

Selain itu juga meningkatkan metabolisme sehingga tubuh Anda memiliki lebih banyak energi untuk membakar sel-sel lemak.

4. Brokoli

Manfaat-brokoli-untuk-menurunkan-berat-badanTinggi nutrisi mikro, sangat rendah kalori, dan bebas lemak, Brokoli adalah sayuran yang sangat terkenal untuk diet untuk menurunkan berat badan.

Brokoli mengandung banyak antioksidan yang melawan radikal bebas, serta vitamin C yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Tetapi aspek penurunan berat badan yang paling penting pada Brokoli adalah kandungan seratnya yang sangat tinggi, yang menjadikan Anda merasa kenyang lebih lama.

Brokoli juga mengandung nutrisi yang menurunkan penyerapan kolesterol jahat.

Brokoli mengandung kalium yang mempromosikan pertumbuhan otot dan fungsi otak. Magnesium dan kalsium yang penting untuk tekanan darah dan kesehatan tulang.

Manfaat brokoli untuk menurunkan berat badan:  Brokoli kaya akan vitamin A karoten, vitamin C, asam folat, dan serat – semua nutrisi ini bagus untuk menurunkan berat badan.

Selain itu brokoli juga kaya akan vitamin K yang melawan peradangan. Serta mengandung asam lemak omega 3 yang sangat baik untuk menurunkan berat badan dan kolesterol.

5. Bawang Putih

Manfaat-bawang-putih-untuk-menurunkan-berat-badanBawang putih adalah makanan ajaib untuk penurunan berat badan. Bawang putih merupakan penekan nafsu makan.

Secara khusus, bawang putih mengurangi nafsu makan dengan cara meningkatkan sensitivitas otak terhadap hormon leptin. Hormon leptin merupakan hormon yang diproduksi oleh sel-sel lemak untuk mengatur nafsu makan.

Selain itu, bawang putih menyebabkan pelepasan norepinefrin, suatu neurotransmitter stimulan yang meningkatkan metabolisme.

No Responses

Reply