Video Panduan Senam Aerobik Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat

Video panduan senam Aerobik menurunkan berat badan dengan cepat. Tidak peduli berapapun usiamu saat ini, senam aerobik bisa dimanfaatkan sebagai salah satu media untuk menurunkan berat badan.

Selain bermanfaat untuk menurunkan berat badan, aktivitas aerobik yang dilakukan secara teratur dapat membantu kita hidup lebih sehat.

Senam aerobik juga dapat membuat jantung dan paru-paru kita menjadi lebih sehat serta aliran darah menjadi lebih baik.

Bagaimana cara melakukan senam aerobik?

Pada saat melakukan senam aerobik, kamu harus mengambil nafas lebih cepat dan lebih dalam untuk memaksimalkan oksigen di dalam darah agar jantung bisa berdetak lebih cepat, agar aliran darah bisa meningkat untuk sampai ke otot-otot dan agar lemak serta kalori yang terbakar lebih banyak.

Dengan senam, pembuluh darah kecil kita yang biasa disebut sebagai ‘kapiler’ akan melebar untuk memberikan jalan sehingga oksigen bisa disalurkan lebih banyak.

Oksigen dapat membantu mengeluarkan berbagai limbah dan racun di dalam tubuh kita seperti karbondioksida dan asam laktat.

Senam aerobik juga dapat membantu melepaskan hormon endorfin, yaitu hormon penghilang rasa sakit sehingga membuat kita menjadi lebih sehat dan berenergi.

Pemanasan

Kegiatan olahraga apapun yang kamu lakukan harus diawali dengan pemanasan terlebih dahulu karena memiliki banyak manfaat terutama untuk menghindarkan dirimu dari cedera.

Selain itu, pemanasan juga bermanfaat untuk menaikkan denyut jantung, suhu tubuh dan kemampuan otot-otot secara perlahan. Sehingga, tubuh tidak akan kaget .

Berikut adalah beberapa jenis senam aerobik yang bisa kamu manfaatkan untuk menurunkan berat badan.

1. Senam aerobik marching

Cara melakukan gerakan senam ini sangat sederhana yaitu hanya dengan jalan ditempat. Saat melakukannya, kamu setidaknya harus mengangkat kaki kira-kira setinggi betis dengan menekuk lutut sekitar 45 derajat.

Kamu bisa menggemukan hitungan hingga 8 untuk satu set dan setidaknya lakukanlah 2-4 set.

2. Senam aerobik gerakan jogging

Gerakan ini merupakan intensitas yang lebih cepat dibandingkan dengan gerakan senam aerobik marching pada point sebelumnya. Cara melakukannya, yaitu dengan menekuk kaki ke arah belakang sehingga lutut akan bergerak lurus ke bawah.

3. Aerobik kicking

Sesuai dengan namanya, gerakan ini adalah gerakan yang melibatkan proses menendang dengan mengayunkan tungkai kaki ke arah depan atau ke arah samping serta bisa juga dilakukan lurus setidaknya hingga setinggi pinggang.

4. Aerobik single step

Single step adalah gerakan melangkah ke arah kiri, kanan, atau depan dan belakang sebanyak 1 langkah sebelum kembali ke posisi semula.

5. Aerobik double steps

Gerakan ini hampir sama seperti pada point sebelumnya, yaitu, kamu dituntut untuk melangkah sebanyak 2 langkah ke kiri atau ke kanan, atau ke depan dan ke belakang.

Setelah kamu melangkah sebanyak 2 langkah ke kiri misalnya, kamu harus kembali ke posisi semula kemudian melakukan gerakan ke arah sebaliknya. Setiap gerakan diakhiri dengan merapatkan kaki serta menekuk lutut.

6. Aerobik leg curl

Ini adalah gerakan yang dilakukan dengan cara menutup kaki ke arah belakang. Caranya adalah, dengan berdiri sempurna terlebih dahulu kemudian memundurkan salah satu kaki sambil menekuknya. Setelah itu, kembali ke posisi semula dan lakukan hal yang sama dengan kaki sebelahnya.

7. Aerobic gripevire

Gerakan untuk senam berikut ini caranya sama seperti saat kita melakukan senam aerobik double steps. Hanya saja, saat melakukannya, kita akan menyilangkan kaki ke belakang.

8. Heel touch

Gerakan senam heel touch dilakukan dengan cara menyentuhkan tumit kaki sebelah kanan atau sebaliknya dan bisa juga dilakukan ke arah depan.

Saat melakukan gerakan ini, kita dituntut untuk sedikit menekuk lutut sehingga menjadi tumpuan untuk berat badan.

Pendinginan

Setelah melakukan senam, selalu akhiri dengan pendinginan menurunkan intensitas latihan, untuk menormalkan denyut jantung dan untuk melemaskan otot-otot.

Proses gerakan pendinginan setidaknya harus dilakukan selama kurang lebih 5 hingga 10 menit.


Video panduan senam aerobik

Dibawah ini video senam aerobik yang bisa kamu jadikan refrensi panduan melakukan senam ini di rumah.


Beberapa manfaat kesehatan dengan melakukan latihan aerobik

Senam aerobik untuk menurunkan berat badan harus dilakukan setiap hari jika kamu ingin mendapatkan hasil yang cepat.

Senam yang kita lakukan tersebut, selain bisa membantu membuat tubuh menjadi lebih langsing dan bisa membakar kalori, ada banyak manfaat lain yang bisa kita dapatkan. Berikut adalah beberapa diantaranya.

A. Mencegah kanker

Dengan melakukan senam aerobik, kanker usus besar bisa dihindari. Menurut beberapa penelitian, baik pria maupun wanita yang aktif secara fisik dengan melakukan gerakan aerobik akan mengalami penurunan sekitar 30% hingga 40% resiko kanker usus.

B. Mencegah kanker payudara

Penelitian lain menunjukkan bahwa gerakan aerobik bisa menurunkan resiko kanker payudara pada banyak wanita. Jadi, mulailah lebih aktif untuk bergerak. Seperti dengan jalan kaki atau jogging.

C. Mengurangi resiko osteoporosis

Telah dikatakan bahwa hampir semua usia bisa melakukan senam aerobik karena tidak terlalu sulit dan gerakannya sangat sederhana selain tidak menimbulkan banyak resiko.

Osteoporosis adalah salah satu penyakit yang ditandai dengan rendahnya kepadatan tulang yang dapat menyebabkan resiko fraktur.

Dengan melakukan gerakan aerobik sederhana baik oleh pria maupun wanita terutama di usia senja dapat membantu mereka terhindar dari tulang keropos dan dapat membantu mencegah patah tulang di kemudian hari.

Reply