Cara & Manfaat Skipping untuk Diet Turunkan Berat Badan

Cara & manfaat skipping untuk diet turunkan berat badan. Skipping atau lompat tali adalah salah satu olahraga murah yang memberikan dampak sangat besar terhadap penurunan berat badan. Olahraga murah ini bisa dilakukan di mana saja.

Apabila dilakukan secara rutin bisa membakar banyak kalori, lebih banyak daripada yang kamu kira.

Menurut American Heart Association, melakukan olahraga lompat tali selama setengah jam , setidaknya kamu bisa membakar hingga 375 kalori.

Itu artinya, lompat tali selama setengah jam sama dengan berjalan dengan kecepatan 4,8 km per jam yang dapat membakar 160 kalori.

Selain itu, skipping juga membantu meningkatkan kebugaran kardiovaskular terutama untuk mengencangkan otot-otot, latihan selama 15 hingga 20 menit akan sangat membantu terutama untuk kesehatan jantung.

Beberapa manfaat lompat tali untuk langsingkan badan

Manfaat skipping diantaranya adalah, menurunkan berat badan, membakar lemak atau kalori serta dapat membantu menyehatkan jantung.

Dengan melakukan latihan skipping, secara otomatis memperkuat tubuh bagian atas dan bawah.

Singkatnya, dengan rutin melakukan kegiatan ini denganmu akan menjadi lebih langsing begitu juga dengan penempatan tekanan pada lutut dan pergelangan kaki serta pinggul akan membuat dampak yang sangat besar terhadap perubahan tubuhmu.

Dasar-dasar melakukan skipping rope

Untuk pemula, kamu dianjurkan menggunakan tali skipping yang dijual di toko-toko olahraga. Biasanya tali tersebut tidak terlalu ringan dan tidak terlalu berat.

Sesuaikan panjang tali dengan pegangan tangan agar kamu lebih mudah untuk melompat dan berlatih.

Sebisa mungkin gunakanlah panjang tali yang dapat membuatmu mengangkat lengan agar lengan ikut banyak bergerak.

Gunakan sepatu atletik yang dikenakan dengan benar. Misalnya, sepatu cross training.

Untuk melakukan latihan ini, kamu bisa melakukannya di ruangan tertutup atau di ruangan terbuka. Namun ingat, pastikan tidak ada sesuatu yang dapat menghalangi tali terutama di bagian atas kepalamu.

Teknik dasar

Lompat tali bisa membantu membakar kalori apabila dilakukan secara teratur dan dilakukan dengan benar.

Cara melakukannya dengan benar adalah, pegang kedua ujung tali kemudian pastikan lenganmu menangkup kearah samping dengan siku sebagai tumpuannya. Gunakan pergelangan tangan untuk memutar tali.

Pastikan kamu menjaga tinggi tangan dan pinggul agar tetap lurus sambil terus melompat. Kamu bisa melompat tidak terlalu tinggi, sekitar hingga pergelangan kaki kamu bisa mengganti kaki kiri dengan kaki kanan atau menggunakan keduanya.

Beberapa teknik lompat tali untuk turunkan berat badan

Kamu bisa menggenggam kedua ujung tali kemudian mendekatkan tangan satu sama lain. Setelah itu ayunkan tali ke kiri dan ke kanan sambil menggerakkan badan. Buka kakimu agar sedikit melebar. Setelah hitungan ke-8, kamu bisa melakukan lompat tali seperti biasa.

Kembali ulangi cara tersebut hanya saja, saat kamu memutarkan tali disamping badan kiri dan kanan, kamu juga sebaiknya menggerakkan kaki untuk merapat ke arah kiri dan kanan.

Kemudian lakukan lagi lompatan dengan variasi satu kali putaran tali atau satu lompatan dengan variasi dua putaran tali.

Teknik selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah, teknik lompat tali sambil berjalan di tempat. Caranya adalah dengan menaikkan kaki secara bergantian.

Reply